Multitalenta, Inilah 4 Kiper Yang Bisa Main Posisi Berbeda

By | October 10, 2021

Kiper sebagai menjadi tameng terakhir sebuah tim sepak bola kerap menjadi pusat perhatian. Ketika beraksi di medan lagi skil seorang kiper mengundang decak kagum tersendiri. Contohnya saja seperti David de Gea. Sejumlah kiper bahkan ternyata ada yang siap untuk menyesuaikan diri bermain di posisi lain. Khususnya dalam siatuasi genting.

4 Kiper Dengan Skill Plus

Selain berjaga di depan garis gawang, 4 kiper ini punya skill untuk main di posisi lain.

Keylor Navas

sepak bola

Kiper pertama ini sedang bermain untuk Paris Saint German, dia adalah Keylor Navas. Dalam beberapa musim terakhir dirinya masuk dalam jajaran penjaga gawang elit di daratan Eropa.

Kiper dengan kewarganegaraan Kosta Rika ini sudah begitu sering memberikan aksi luar biasa dalam menghalau bola masuk gawang dengan tangannya. Di luar dari kehebatan tersebut, dia menjadi begitu terkenal antara lain karena skill penguasaan bola nan mumpuni.

Memiliki sikap tenang serta confident saat mengendalikan bola. Jarang melakukan hal keliru saat bola dimainkan kakinya. Akurasi passing pun tinggi. Navas menjadi kiper yang mampu mengembangkan pola bersama tim.

Ederson Moraes

Siapa pecinta sepak bola yang tak kenal dengan Ederson Moraes? Dianggap sebagai kiper tetap bagi Manchester City, dari musim ke musim dia memang telah membuktinya peran besarnya.

Bersama tim yang dibina oleh Josep Guardiola, Ederson punya kelebihan dalam mengembangkan permainan di lini belakang. Mampu bertahan di bawah tekanan sekalipun.

Ederson hampir selalu menampilkan bahwa dia punya visi yang kuat pada tiap laga bersama Man City. Dalam keadaan yang memang menuntut dengan penuh keberanian dia akan turut serta dalam penyerangan. Saat ikut menyerang itulah kita dapat melihat bagaimana kelihaian Ederson menggiring bola.

Marc-Andre ter Stegen

Beralih ke Barcelona, Marc-Andre ter Stegen sendiri tergolong punya kemampuan mumpuni untuk posisi out-field. Kesebelasan Barca bertahun – tahun dikenal mengusung gaya main yang memaksimalkan penguasaan bola. Pesepakbola dari Jerman ini mampu bermain dengan efektifitas yang tinggi ketika memeroleh jatah bola.

Dia beraksi di lapangan secara cerdas. Saat bermain menjadi gelandang Stegen meningkatkan daya serang tim dengan skill passing di atas rata-rata.

Sebagai sampel, dia memberikan assist bagi Suarez dan Grezmann di ajang La Liga 2019 dan berujung dengan gol.

Manuel Neur

Jika ada satu-satunya kiper yang mengagumkan dalam penampilannya sebagai pemain out-field untuk di sebutkan maka Manuel Neur sangat pantas. Penjaga gawang Bayern Munich ini sungguh memikat.

Neur punya level skill menggiring bola layaknya seorang penyerang. Dengan posisi utama sebagai kiper dan punya keterampilan semacam itu maka tak berlebihan bahwa dia punya kastanya sendiri.

Telah membukukan enam assist selama menjalani karier bersama klub sepakbola dan untuk timnas. Salah satu yang paling diingat adalah assistnya pada first goal kala Jerman di Piala Dunia 2010 Melawan Inggris.